Minggu, 23 Agustus 2020

Tips Mudah Membeli Tiket Kereta Yogyakarta Jakarta

Di masa pandemi seperti saat ini tentunya PT Kereta Api Indonesia memiliki ketentuan baru untuk penumpangnya, terutama penumpang jarak jauh. Begitu juga kereta api dari Yogyakarta dengan tujuan ke Jakarta. Kamu harus menyiapkan surat keterangan uji tes PCR yang berlaku 7 hari atau uji Rapid Test yang berlaku 3 hari dengan hasil negatif sebelum keberangkatan.

 

Berkas-berkas tersebut harus dibawa saat melakukan boarding dan ditunjukan ke petugas. Selain surat tadi, kamu juga bisa menggunakan surat bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas, apabila daerahnya tidak memiliki fasilitas tes PCR dan atau Rapid Test. Berikut tips mudah untuk kamu membeli Tiket kereta yogyakarta jakarta


Cara Membeli Tiket Secara Offline
Yang pertama kali kamu lakukan ketika akan membeli tiket secara langsung atau offline yaitu dengan mendatangi stasiun terdekat yang menyediakan penjualan tiket. Lalu datanglah ke loket penjualan, kemudian sebutkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Petugas akan mengetik dan melakukan proses pembelian tiketmu.


Kemudian, petugas akan menyampaikan daftar harga beserta jadwal keberangkatan yang masih tersedia. Kamu tinggal memilih kereta api dan jadwal yang kamu inginkan. Usahakan sudah kamu persiapkan sejak sebelum berangkat ke stasiun agar tidak berlama-lama dalam memilihnya yaitu Stasiun Yogyakarta dengan tujuan Jakarta.


Setelah itu kamu tinggal membayar sesuai harga tiket kereta Yogyakarta Jakarta yang sudah kamu pesan tadi. Usahakan dengan menggunakan uang pas agar tidak perlu menunggu terlalu lama. Kemudian petugas akan memberimu kode booking yang sama seperti saat kamu membeli secara online dan dicetak pada hari keberangkatan.


Cara Membeli Tiket Secara Online
Cara pertama untuk membeli tiket online yaitu menggunakan aplikasi KAI Access yang bisa kamu download di Google Play atau App Store di smartphonemu. Kemudian daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut. Cara mendaftarnya kamu bisa menggunakan nomor ponselmu yang masih aktif lalu sebagai identitas, siapkan e-KTP dan cantumkan pada tahapan daftar akun. 


Cara yang kedua yaitu kamu bisa membeli tiket kereta Yogyakarta Jakarta melalui situs resmi PT KAI di kai.id. Kamu tinggal mengatur pemesanan tiket mulai dari stasiun asal yaitu Stasiun Yogyakarta, Stasiun tujuan Jakarta misal Gambir, tanggal keberangkatannya dan jumlah penumpang. Kemudian klik pesan dan cari kereta, maka akan muncul daftar kereta yang tersedia beserta harganya. 


Cara ketiga yaitu dengan membeli tiket melalui telepon ke nomor 121. Kemudian kamu akan tersambung dengan petugas yang nantinya akan melayanimu. Jangan lupa sebelum itu siapkan dulu e-KTP dan identitasmu agar tidak perlu mencari lagi saat petugas menanyakannya. Setelah dilayani oleh petugas 121, kamu akan mendapat kode booking untuk melakukan pembayaran melalui ATM atau e-banking.


Cara keempat yaitu dengan membeli tiket kereta Yogyakarta Jakarta melalui kanal lainnya. PT KAI juga bekerjasama dengan beberapa kanal penjualan tiket seperti supermarket yaitu Alfamart dan Indomaret, serta e-commerse. Seperti melalui cara-cara yang lainnya kamu juga akan mendapatkan kode booking dan melakukan pembayaran.


Itulah cara membeli tiket kereta Yogyakarta ke Jakarta baik melalui offline maupun online. Yang membeli online biasanya terdapat batas-batas jam pembayaran sesuai pilihan pembelian online yang kamu pilih. Saat tiba di stasiun, jangan lupa untuk mencetak kode booking agar mendapatkan tiket kereta api. Mudah bukan? Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top